PRAKTEK PENYALURAN ZAKAT BAGIAN FI SABILILLAH DI BAITUL MAL ACEH
DOI:
https://doi.org/10.22373/jiis.v6i1.117Keywords:
Zakat fi Sabilillah, Fiqh Syafi'iyah, Baitul Mal AcehAbstract
Abstrack: This research is raised about the practice of distributing zakat in the fi sabilillah part of Baitul Mal Aceh, in this case the author makes a legal comparison between the concept of fi Sabilillah in Baitul Mal Aceh and the concept of fi sabilillah according to the understanding of Shafi'iyah scholars. The evidence used by them is the same, namely Surah at-Taubah verse 60. The condition shows that there is a difference in understanding the naṣ. Therefore, research is important because it will reveal the diversity of understanding of Baitul Mal Aceh and Shafi'iyah Ulama. The problem in this study is, how is the practice of distributing zakat in Baitul Mal Aceh and what is the view of fiqh Syāfi'iyyah about the practice of distributing zakat fi sabilillah in Baitul Mal Aceh. Based on the data collection method, this research is categorized as library research and field research. The findings of this research are first, Baitul Mal Aceh is an amil of zakat authorized by the Aceh Regional Government to manage and empower zakat by the decision of the Governor of Aceh (KGA). Furthermore, based on the naṣ interpretation of senif fi sabilillah, the Baitul Mal Aceh allows senif fi sabilillah to be given to all things that are good (fi sabilil khair) not only to people who are at war. In contrast to the Shafi'iyah Ulama who restrict it, so that senif fi sabilillah is only given to people who fight physical wars to exalt the religion of Allah. From the above explanation, it can be concluded that, Zakat part of fi sabilillah in Baitul Mal Aceh is distributed to all things that are good (fi sabilil khair) both in maintaining or preaching Islam, especially in areas prone to shallowness of faith, such as the construction of worship facilities, zakat discussion activities, assistance for Islamic organizations, da'i in areas prone to faith, assistance for facilities and operations of educational institutions in communities that have not yet Empowered. This is because the meaning of fi sabilillah is not limited to military war. In the fiqh of Syāfi'iyyah, fi sabilillah is only for war volunteers who do not have a budget from the State. The practice of zakat in the fi sabilillah part of Baitul Mal Aceh is contrary to the majority of Syāfi'iyyah fiqh scholars.
Keywords: Zakat fi Sabilillah; Fiqh Syafi'iyah; Baitul Mal Aceh.
Abstrak: Penelitian ini mengangkat tentang praktik pendistribusian zakat pada bagian fi sabilillah di Baitul Mal Aceh, dalam hal ini penulis melakukan perbandingan antara konsep fi sabilillah di Baitul Mal Aceh dengan konsep fi sabilillah menurut pemahaman ulama Syafi'iyah. Dalil yang digunakan oleh mereka adalah sama, yaitu surat at-Taubah ayat 60. Kondisi tersebut menunjukkan adanya perbedaan dalam memahami naṣh. Oleh karena itu, penelitian ini penting dilakukan karena akan mengungkap keragaman pemahaman Baitul Mal Aceh dan Ulama Syafi'iyah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik pendistribusian zakat di Baitul Mal Aceh dan bagaimana pandangan fikih Syafi'iyyah terhadap praktik pendistribusian zakat fi sabilillah di Baitul Mal Aceh. Berdasarkan metode pengumpulan data, penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (field research). Temuan dari penelitian ini adalah pertama, Baitul Mal Aceh merupakan amil zakat yang diberi kewenangan oleh Pemerintah Daerah Aceh untuk mengelola dan memberdayakan zakat dengan Keputusan Gubernur Aceh (KGA). Selanjutnya, berdasarkan penafsiran naṣh tentang senif fi sabilillah, Baitul Mal Aceh membolehkan senif fi sabilillah diberikan kepada semua hal yang baik (fi sabilil khair) tidak hanya kepada orang yang sedang berperang. Berbeda dengan Ulama Syafi'iyah yang membatasinya, sehingga senif fi sabilillah hanya diberikan kepada orang yang berperang secara fisik untuk meninggikan agama Allah. Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa, zakat bagian fi sabilillah di Baitul Mal Aceh disalurkan untuk segala hal yang bersifat kebaikan (fi sabilil khair) baik dalam mempertahankan atau mendakwahkan Islam terutama di daerah-daerah yang rawan kedangkalan akidah, seperti pembangunan sarana peribadatan, kegiatan-kegiatan pengajian, bantuan untuk ormas-ormas Islam, para da'i di daerah-daerah yang rawan akidah, bantuan untuk sarana dan operasional lembaga-lembaga pendidikan di masyarakat yang belum berdaya. Hal ini karena makna fi sabilillah tidak terbatas pada perang secara militer. Dalam fikih Syafi'iyyah, fi sabilillah hanya diperuntukkan bagi para sukarelawan perang yang tidak memiliki anggaran dari Negara. Praktik zakat pada bagian fi sabilillah di Baitul Mal Aceh bertentangan dengan mayoritas ulama fikih Syāfi'iyyah.
Kata Kunci: Zakat fi Sabilillah; Fiqh Syafi'iyah; Baitul Mal Aceh.
References
‘Abdu al-Raḥmān al-Jazīrī, al-Fiqh ‘ala al-Madzāhib al-Arba’ah, Jld. I, Sofware: Maktabah Syamilah, Versi 4,37, 2010.
‘Abdu al-Rahmān ibn Muhammad, Bughyat al-Mustarsyidīn, Sofware: Maktabah Syamilah, Versi 4, 37, 2010.
Abdu al-Rahmān al-Jazīrī, al-Fiqh ‘ala al-Madzāhib al-Arba’ah, Jld. I, Sofware: Maktabah Syamilah, Versi 4, 37, 2010.
Abdullāh ibn Hijāzī al-Syarqāwī, Hāsyiat al-Syarqāwī ‘ala Tuḥfat al-Thullāb, Jld. I, Surabaya: al-Hidayah, tt.
Abū Daud,Sulaimān ibn al-Asy’asy, Sunan Abi Daud, Jld. IV, Sofware: Maktabah Syamilah, Versi 4,37, 2010.
Aḥmad ibn ‘Ali ibn Ḥajar al-‘Asqalanī, Fatḥ al-Bārī Syarḥ Shaḥīh Al-Bukhārī, Jld. III, Sofware: Maktabah Syamilah, Versi 4,37, 2010.
Ahmad Salamat al-Qalyūbī dan Ahmad al-Barlisi ‘Amīrah, Ḥāsyiat Qalyūbī wa ‘Amīrah, Jld. II, Sofware: Maktabah Syamilah, Versi 4,37, 2010.
Al-Bujairimī, Sulaimān ibn Muḥammad, Ḥāsyiatal-Bujairimī ‘ala al-Minhāj, Jld.V, Sofware: Maktabah Syamilah, Versi 4,37, 2010.
Al-Bukhārī, Shaḥīh Al-Bukhārī, Jld. I, Bairut: Darul Fikri, 1993.
Aliy As’ad, Terjemahan Fatḥul Mu’in, Yogyakarta: Menara Kudus, 1979.
al-Kasānī, Abū Bakar Mas’ūd ibn Muḥammad, Badā’ī al-Shana’ī, Jld. II, Sofware: Maktabah Syamilah, Versi 4,37, 2010.
Al-Khāzin, ‘Ali ibn Muḥammad, Tafsīr al-Khāzin, Jld. III, Sofware: Maktabah Syamilah, Versi 4, 37, 2010.
Al-Maḥallī, Jalāl al-Dīn Muhḥammad ibn Aḥmad, Kanzu al-Ghāribīn Syarḥ ‘ala Minhāj al-Thālibīn, Jld. II, Indonesia: Haramain t.t
Al-Marbawi, Kamus Al-Marbawi, Juz I, Indonesia: Dar al-Kutub al-Arabīyyah, 1990.
Al-Mawardi, Al-ḥāwī al-Kabīr, Juz II, Beirut: Dar al-Kutub al-ArAbīyyah, 1990.
Al-Mawaridī, ‘Ali ibn Muḥammad,al-Aḥkām al-Sulthāniyyat wa al-Wilāyāt al-Dīniyyah, Sofware: Maktabah Syamilah, Versi 4,37, 2010.
Al-Nawawī, al-Majmū’ ‘ala Syarḥ al-Muhadzdzab, Jld. VI, Sofware: Maktabah Syamilah, Versi 4, 37, 2010.
Al-Qaffāl, Abī Bakar ibn Muhammad, Ḥilyat al-‘Ulamā` fī Ma’rifat Madzāhib al-Fuqahā`, Jld. III, Sofware: Maktabah Syamilah, Versi 4,37, 2010.
Al-Sayyid al-Bakrī ibn al-Sayyid Muḥammad Syathā, Ḥāsyiat I’ānat al-Thālibīn, Jld. II, Sofware: Maktabah Syamilah, Versi 4,37, 2010.
Al-Syāfi’I, Muḥammad ibn Idris, al-Umm, Jld. II, Sofware: Maktabah Syamilah, Versi 4, 37, 2010.
Al-Syarbainī, Muḥammad al-Khathīb, al-Iqnā’ Fī Ḥilli Alfāzh Abī Syujā’, Jld. VI, Sofware: Maktabah Syamilah, Versi 4,37, 2010.
Armiadi, Zakat Produktif: Solusi Alternatif Pemberdayaan Ekonomi Umat; Potret dan Praktek Baitul Mal Aceh, Cet. I, Banda Aceh: Ar-Raniry Press, 2008.
Asep Hibban, Kamus Bahasa Arab, Sofware: Offline, Versi. 3.0, 2009.
Baitul Mal Aceh, Himpunan Peraturan Baitul Mal, Banda Aceh:Baitul Mal Aceh, 2008.
Bambang Songgono, Metodologi Penelitian Hukum, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2003.
Departemen Agama RI, Al-qur`an dan Terjemahannya, Bandung: Diponegoro, 2008.
Departemen Pendidikan RI, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet. III, Jakarta: Bulan Bintang, 2005.
Dinas Syariat Islam Aceh, Himpunan Undang-Undang, Keputusan Presiden, Peraturan Daerah/Qanun, Intruksi Gubernur, Edaran Gubernur, Berkaitan pelaksanaan Syari’at Islam, Ed. VII, Banda Aceh: Dinas Syariat Islam Aceh, 2009.
http://ahmadiftahsidik.blogspot.com/2009/03/baitul-mal-dalam-lintasan-sejarah.html. diakses pada 4-12-2010.
Ibnu Ḥajar, Syihāb Al-Din Aḥmad ibn Ḥajar, Tuḥfatal-Muḥtāj Fi Syarḥ al-Minhāj, Jld. XI, (Sofware: Maktabah Syamilah, Versi 4,37, 2010.
Ibrahim al-Bājūrī, Hāsyiat al-Bājūrī ‘ala Ibn Qāsim al-Ghazī, Jld. I, Indonesia: Haramain, t.t.
Isma’il Ibn Umar Ibn Katsir, Tafsir Ibn Katsir,jld II, kuwait : Jami’ah Ahyaut Turasul Islami, 2001.
Kamāl al-Dīn ibn ‘Abdu al-Waḥid, Fath al-Qadīr, Jld. II, Beirut: Dar al-Fikr, t.t
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosda Karya, 1997.
M. Burhan Bungin, “Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya”, Ed. I, Cet. I, (Jakarta: Kencana, 2007.
M. Saad Ibrahim, Metodologi Penelitian Hukum Islam, Buku Ajar, di Sajikan Pada Mata Kuliah Metpen Hukum, Malang, Universitas Islam Negeri, 2006.
Maktabah Syarqiyyah, al-Munjid fillughati wa I’lam, Bairut : Daarul Masyriq, 2005.
Moh. Nasir, Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2003.
Muḥammad ibn Aḥmad ‘Alīsī, Minaḥal-Jalīl Syarḥ Mukhtashar Khalīl, Jld. III, Sofware: Maktabah Syamilah, Versi 4, 37, 2010.
Muḥammad ibn Muḥammad al-Māridīnī, Syarḥ Matn al-Raḥibiyyah, Sofware: Maktabah Syamilah, Versi 4,37, 2010.
Muḥammad ibn Yūsuf al-‘Adbarī, al-Tāj al-Iklīl, Jld. III, Sofware: Maktabah Syamilah, Versi 4, 37, 2010.
Muhammad Nawawi ibn ‘Umar al-Bantanī, Marāḥal-Lubaid, Jld. I, Sofware: Maktabah Syamilah, Versi 4,37, 2010.
Muhammad Rawwas Qal’ahji, Mausu’ah Fiqh Umar ibn al-Khathab, Cet. IV, Beirut: Dar al-Nufus, 1984.
Muhammad Ridwan, Manajemen Baitul Maal wa Tamwil, Cet. II, Yogyakarta: UII Press, 2005.
Muhammad Teguh, Metode Penelitian Ekonomi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1999.
Mushthafā ibn Sa’d, Mathālib ūlī al-Nuhā, Jld. II, Sofware: Maktabah Syamilah, Versi 4, 37, 2010.
Muslim Ibrahim, Kajian Tinggi Keislaman, Apresiasi Pemikiran Ulama Aceh (ed.), Zakat Dalam Perspektif Islam ,Banda Aceh : BKKRSD NAD,2008.
Muslim Ibrahim, Konsep Senif Fi Sabilillah Dalam Perspektif Fiqh Muqarran, Aceh: Bandar Publishing, 2012.
Rianto Andi, Metode Penelitian Sosial dan Hukum, Jakarta: Granit, 2004.
Rosadi Ruslan, Metode Penelitian Publik Relation Dan Komunikasi, ED. I, Cet. II, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004.
Sirajuddin Abbas, 40 Masalah Agama, Jilid III, Jakarta: Pustaka Tarbiyah Baru, 2012.
Sirajuddin Abbas, Sejarah Keagungan Imam Syafi’i, Jakarta : Pustaka Tarbiyah, 2006.
Soejono Soerkanto, Penelitian Hukum Normatif, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2003.
Suharsimi arikanto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Surat Edaran Dewan Syari’ah Baitul Mal Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, No. 01/SE/V/2006, Kepada Kepala Baitul Kab/ Kota dalam Prov. NAD, Banda Aceh 1 Mei 2006.
Syihāb al-Din, Aḥmad al-Barlisī, Hāsyiat‘Amīrah, Jld. II, Sofware: Maktabah Syamilah, Versi 4, 37, 2010.
Taqiyuddin An-Nabhani, Membangun Sistem Ekonomi Alternatif Perspektif Islam, Judul Asli: Al-Nizham al-Iqtishad Fi al-Islam, Terjm: Maghfur Wachid, Surabaya: Risalah Gusti, 1996.
Wahbah az-Zuhaili, Fiqih Islam Waadillatuhu, Jld II, Damsyiq : Darul Fikri,2008.
Wizārat al-Auqāf wa al-Syū’ūn, al-Mausū’at al-Fiqhiyyah, Jld. XXIII, Sofware: Maktabah Syamilah, Versi 4, 37, 2010.
Zakariyyā al-Anshārī, Fatḥ al-Wahhāb Syarḥ Minhāj al-Thullāb, Jld. IV, Sofware: Maktabah Syamilah, Versi 4,37, 2010.
Zakariyyā al-Anshārī, Minhājal-Thullāb, Jld. V, Sofware: Maktabah Syamilah, Versi 4, 37, 2010.
Zakariyyā ibn Muhammad al-Anshārī, Asna al-Mathalib Syarḥ Raudh al-Thalib, Jld. I, Sofware: Maktabah Syamilah, Versi 4,37, 2010.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ajhatul Ilham, Fakhrul Rijal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.